Superbowl Advertisements. Iklan-iklan yang unik

Super Bowl adalah pertandingan final sepak bola Amerika yang dilangsungkan di akhir musim pertandingan NFL di Amerika Serikat. Dua tim terbaik dari masing-masing divisi (disebutconference) bertanding untuk memperebutkan Piala Vince Lombardi. Pertandingan ini dan perayaan seputar Super Bowl disebut Super Bowl Sunday.

Super Bowl pertama kali dipertandingkan 15 Januari 1967 sebagai bagian dari perjanjianpenggabungan antara NFL dan liga saingannya yang bernama AFL (American Football League). Di akhir musim pertandingan, juara dari masing-masing liga dulunya harus berhadapan dalam “Pertandingan Kejuaraan Dunia AFL-NFL”. Setelah AFL dan NFL digabung pada tahun 1970, Super Bowl berubah menjadi pertandingan perebutan gelar juara NFL. Pada awalnya, pertandingan dilakukan setahun sekali di hari Minggu sesudah babak playoff sekitar awal hingga pertengahan Januari, tapi digeser ke akhir Januari, dan sekarang diadakan di minggu pertama di bulan Februari.

Super Bowl adalah salah satu tayangan televisi yang paling banyak ditonton di Amerika Serikat. Pemasang iklan menghabiskan jutaan dolar AS untuk memasang iklan selama pertandingan. Kepentingan pemasang iklan membuat pertandingan dimulai semakin sore agar masuk ke dalamjam tayang utama bagi pemirsa televisi di Pantai Timur Amerika.

Pemirsa yang tidak suka sepak bola Amerika masih bisa menikmati tayangan iklan yang sebagian besar dibuat khusus untuk Super Bowl.

Karena begitu banyaknya pemirsa yang menonton Superbowl maka menjadi sangat wajar bahwa ini adalah tempat jualan utama untuk iklan. Dan iklan-iklan yang ditampilkan juga sangat unik dan menghibur walau hanya 30 detik. Yang pasti kreativitas tinggi dituntut agar menjadi salah satu iklan terbaik pada saat Superbowl. Yang juga sedikit mengejutkan adalah porsi produsen mobil yang beriklan pada Superbowl yang sangat besar.

Kalau misalnya iklan di Indonesia bisa unik pada saat ISL or IPL bagaimana ya?

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s