Tengku Mahaleel kembali ke Proton?

Di Malaysia beredar kabar bahwa pemilik baru DRB-HICOM akan menunjuk Tengku Mahaleel Tengku Arif sebagai Ketua / Komisaris Utama dari Proton Holdings Bhd. Tengku Mahaleel sendiri adalah mantan Direktur Utama dari Proton dan berhasil merubah status Proton dari sekedar “perakit” Mitsubishi menjadi produsen mobil.

Dibawah kendali Tengku Mahaleel, Proton berhasil melaksanakan riset dan desain sendiri dan mengakusisi Lotus Engineering kedalam Proton agar dapat melakukan transfer teknologi dari sisi desain sasis, setting suspensi dan sebagainya.

Tentu yang jadi pertanyaan apakah Managing Director / Direktur Utama Datuk Sri  Haji Syed Zainal Abidin B. Syed Mohamed Tahir akan tetap menjadi Direktur Utama mengingat kemampuan dari Datuk Syed Zainal merubah Proton dari kualitas yang buruk menjadi produsen dengan kendaraan yang cukup berkualitas dan dengan desain dan model yang dapat diterima masyarakat.

Besar harapan agar dapat dilakukan sinergi antar dua pemimpin perusahaan ini untuk pencapaian perusahaan yang lebih maju. Karena bila yang bermain adalah politik dan kepentingan golongan yang ada perusahaan akan semakin mundur dan mengalami kejadian-kejadian seperti BUMN di Indonesia dimana lebih banyak berkutat pada inefisiensi, nepotisme dan tanpa result oriented.

Sebenarnya ini juga menjadi perhatian bila Indonesia benar ingin membuat Mobil Nasional. Jangan hanya sekedar merakit namun betul-betul melaksanakan Riset dan Desain serta berusaha berkolaborasi untuk transfer teknologi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s