BMW menampilkan ConnectedDrive Connnect (CDC), menyetir handsfree di jalan raya.

Di video ini BMW menampilkan hasil terakhir dari ConnectedDrive Connect (CDC) pada sebuah Seri-5 F10. Sistem CDC ini mampu membuat kendaraan menyetir sendiri dan bisa memperhitungkan lalu lintas yang ada. Sistem ini dikembangkan terutama untuk memberi kemudahan kepada pengemudi untuk tidak menggunakan tangannya pada saat di jalan bebas hambatan (Autobahn).

“Mobil mematuhi aturan lalu lintas,” seperti dikatakan narator video ini.  Dengan sistem CDC maka mobil dapat berakselerasi, rem dan menyalip kendaraan yang lain sambil menganalisa kondisi jalan yang ada. Sistem yang dikembangkan BMW ini menggunakan radar, kamera, laser scanners, dan ultrasound distance sensors untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.

BMW mengatakan bahwa sistem CDC juga dapat mengatur kendaraan menyalip kendaraan yang lebih pelan dengan mencari area yang kosong agar dia dapat masuk lajur dengan aman.

“Tantangan utama kita adalah mengembangkan algoritma yang dapat menangani situasi baru. Pada prinsipnya sistem bekerja pada semua jalan bebas hambatan yang pernah kami petakan sebelumnya dan dengan akurasi per sentimeter” seperti yang dikatakan Nico Kaempchen, project manager dari Highly Automated Driving pada BMW Group Research and Technology.

Di kendaraan elektrik pertama , i3, maka BMW akan menawarkan fitur “traffic-jam” atau “macet” yang mengizinkan kendaraan untuk dapat berakselerasi, memelan dan mengemudi dengan kecepatan sampai dengan 40km/h, selama pengemudi masih meletakkan satu tangan pada setir.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s