Launching MINI Countryman di Indonesia

Hari ini Jum’at 27 Januari 2012, BMW Group Indonesia menghadirkan model terbaru MINI di Indonesia yaitu MINI Countryman. Acara peluncuran produk baru dari MINI dikemas sangat unik dengan tampilan luar seperti container namun interior yang seperti berada didalam suatu club.

Launching gaya seperti ini sangat unik dan mungkin baru pertama dilakukan di Indonesia dengan gaya seperti ini apalagi mengingat kebingungan saya pertama kali mendapatkan undangan dari BMW Group Indonesia kok mengadakan acara di Parkir Timur Senayan namun ternyata mereka memberikan kejutan dengan menyiapkan arena launching seperti ini.

Acara dibuka terlebih dahulu oleh Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan. Dengan penampilan yang energik dan trendy seperti brand MINI, Ramesh berterima kasih atas kehadiran dan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap BMW Group Indonesia dan bahwa ini adalah peluncuran yang pertama di 2012. MINI sendiri merupakan pemain baru namun diharapkan dengan strategi yang tepat dapat mencapai angka penjualan yang baik. Bersama dengan pembukaan dari Ramesh Divyanathan diperkenalkan juga Presiden Direktur dari PT. Maxindo International Nusantara Indah, Joe Surya. Maxindo sendiri merupakan mitra dari BMW Group Indonesia untuk memasarkan brand MINI.

0

Usai perkenalan maka acara dilanjutkan dengan presentasi mengenai brand MINI sendiri oleh MINI Manager, Jentri W. Izhar. Disini dipaparkan time line dari MINI sendiri yang dimulai sejak 1959 dengan desain sederhana dari Sir Alex Issigonis sampai dengan akusisi Rover Group oleh BMW Group pada tahun 1994 dan pemisahan MINI pada tahun 2000 oleh BMW Group dan peluncuran MINI terbaru di tahun 2001.

Disini Jentri memaparkan juga filosofi dari MINI sendiri serta target market dari MINI dimana target utamanya adalah individu-individu yang dinamis, excited serta sangat creative.

Didalam presentasinya juga dipaparkan Unique Selling Points dari MINI itu sendiri dan bagaimana itu dapat meningkatkan fanatisme customer terhadap brand MINI, yaitu: Desain yang otentik dan emosional, rasa pengendaraan seperti go-kart (tentu tidak dengan setir yang berat), mesin high-tech dengan performa yang luar biasa serta begitu banyak opsi yang dapat diberikan pada sebuah MINI.

Usai presentasi MINI maka dimulai puncak acara dari peluncuran MINI Countryman yang baru di Indonesia. Dua MINI Countryman dihadirkan di area peluncuran,  dengan sedikit menipu media kita membidik suatu container kosong padahal Countryman malah datang dari luar ruangan dan berhenti dibelakang media. Tentu sedikit kocar-kacir cari posisi namun langsung dimulai dengan product presentation oleh Production Planning Manager BMW Group Indonesia, Dennis Kadaruskan.

Dua MINI Countryman dihadirkan yang satu berwarna Light White dan Surf Blue. Countryman berwarna Surf Blue sudah ditambah dengan beberapa aksesoris tambahan seperti scuff plate depan, belakang, samping dan foglamp pada grille serta cover spion dan spion dalam serta atap dengan motif Union Jack.

Seperti juga dikatakan oleh Ramesh Divyanathan. “MINI Countryman masih tetap sama asyik untuk dikemudikan dan tidak berbeda dengan model MINI-MINI yang lain”. Dan inipun terlihat pada tampilan Countryman yang walau berukuran sedikit lebih besar dari MINI Coupe biasa namun masih kelihatan atletis namun ditambah fungsional. MINI Countryman dipasarkan dengan dua jenis mesin bensin yaitu 1600cc namun dengan output yang berbeda yaitu 120dk dan 184 dk bagi versi MINI Cooper S Countryman. Mesin di MINI Cooper S Countryman dilengkapi dengan twin scroll turbocharger, direct injection, serta fully variable valve management. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi otomatis Steptronic enam percepatan.

MINI sendiri memasukkan dua versi MINI yaitu MINI Cooper Countryman dan MINI Cooper S Countryman.

Yang juga menarik dari MINI Countryman ini adalah bahwa semua MINI dilengkapi dengan fitur MINI Connected.

MINI Connnected adalah program khusus pengguna Iphone untuk melakukan akses berbagai macam fungsi yang inovatif yang dapat membuat pengalaman berkendara semakin menyenangkan. MINI Connected ini mendukung fungsi entertainment serta Social Networking. Jadi konsumen masih dapat melakukan akses posting pada beberapa jaringan media sosial seperti Facebook dan Twitter. Serta dengan adanya fungsi Dynamic Music maka perjalana diiringi serangkaian lagu pilihan yang dapat menyesuaikan dengan kelajuan dari kendaraan tersebut.

Sebagai tambahan, MINI juga memiliki fitur Driving Excitement untuk menambah keasyikan berkendara. Dengan Driving Excitement maka pengemudi mendapatkan informasi mengenai kondisi lalu lintas dan cuaca diluar.

Level oli dan kondisi mesin

MINI Connected Driving Excitement App Performance

Lalu ada juga fitur Digital Sports Instrument yang dapat menunjukkan tenaga dan torsi yang digunakan.

Fitur keselamatan yang dipasang pada MINI terdiri dari.Dynamic Traction Control (DTC), Dynamic Stability Control (DSC), ABS-EBD, Cornering Brake Control (CBC), Brake Assist serta Hill Assist dan yang pasti enam airbag.

Selain itu sama seperti kendaraan BMW maka MINI akan mendapatkan paket MINI Service Inclusive yang berupa perawatan rutin cuma-cuma selama 5 tahun atau 70.000km dan garansi dua tahun tanpa batas kilometer.

Model                                                             MINI Cooper Countryman           

Mesin                                                                4 silinder segaris, bensin

Kapasitas – CC                                                1.598

Tenaga – HP/RPM                                        120/6.000

Torsi – Nm/RPM                                          160/4,250

Akselerasi 0-100km/jam – detik           11,6

Konsumsi BBM – km/liter                         13,2

Emisi CO2 -gram/km                                  177

Harga off the road Jakarta                      Rp. 579.000.000,-

Model                                                            MINI Cooper S Countryman       

Mesin                                                              4 silinder segaris, bensin

Twin scroll turbocharger, direct fuel
injection

Kapasitas – CC                                              1.598

Tenaga – HP/RPM                                      184/5,500

Torsi – Nm/RPM                                        240/1,600-5,000
(Overboost: 260Nm/1,700-4,500)

Akselerasi  0-100km/jam – detik        7,9

Konsumsi BBM – km/liter                        13,3

Emisi CO2 – gram/km                                 175

Harga off the road Jakarta                       Rp. 659.000.000,-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s