Varian baru Proton Exora Star dengan komponen asli Indonesia

Hari ini PT.Proton Edar Indonesia meluncurkan Proton Exora Star dengan tambahan 2 varian baru serta dengan tambahan transmisi baru. Varian yang dikeluarkan oleh pihak PT.PEI adalah Exora Star, Exora Star Executive dan Exora Star Supreme. Ketiga varian tersebut juga menggunakan transmisi manual dan otomatis dimana sebelumnya Exora Star hanya dikeluarkan dalam format manual.

Peluncuran ini dilakukan secara langsung oleh Presiden Direktur PT. PEI Bapak Gunther Scherz dan menurut beliau bahwa penambahan varian Exora Star dengan transmisi otomatis serta penambahan aksesoris asli buatan Indonesia merupakan salah satu strategi dan juga jawaban dari PT.PEI atas tuntutan masyarakat yang menginginkan adanya kendaraan yang nyaman, aman dengan fitur yang lengkap namun dengan value for money. Dan ini dibuktikan dengan kehadiran 2 varian Exora Star.

Pengenalan produk yang lebih detail dilakukan oleh General Manager Marketing PT. PEI, Bapak Mazlan Mohd. Zain dimana juga dijelaskan bahwa penggunaan komponen lokal selain dapat memberi harga Exora yang bersaing dengan produk yang lain juga sebagai bukti bahwa produk Indonesia tidak kalah dengan buatan luar dan bahkan mempunyai kualitas setara OEM parts.

Penjelasan lain yang diberikan oleh Mazlan adalah perbedaan antara Exora Star, Exora Star Executive dan Exora Star Supreme dimana:

Exora Star kini dilengkapi dengan dua varian transmisi yaitu manual dan otomatis serta aksesoris lokal berupa head unit 2 DIN (USB, Bluetooth, CD), Door Visor, Side Body Moulding serta tinted glass.

Exora Star Executive memiliki aksesoris yang sama dengan Star namun ditambah dengan Head Unit 2 DIN (USB, Bluetooth, DVD), Semi Leather Seat, Alloy Wheel, Rear Parking Sensor, Rear Garnish Body Color, Pilar B&C Black color, Outside mirror cover, foglamps serta spoiler dengan High Mounted Stop Lamp. 

Exora Star Supreme memiliki semua perlengkapan yang sama dengan Star Executive namun ditambah dengan Head Unit 2 DIN (USB, Bluetooth, DVD dan GPS), Roof mounted DVD Monitor, Full Leather Seats, Front Parking Camera, Rear Parking Camera, Rear Garnish Chrome, Door handle chrome, Bodykit front, rear dan side serta spoiler+HMSL.

Adapun harga OTR Jakarta kini adalah:

Exora Star M/T                                Rp 154.000.000

Exora Star A/T                                 Rp  165.000.000

Exora Star Executive M/T           Rp 168.000.000

Exora Star Executive A/T           Rp  179.000.000

Exora Star Supreme  M/T            Rp  188.000.000

Exora Star Supreme  A/T             Rp  199.000.000

 Usai pengenalan produk dilakukan sesi tanya jawab yang dihadiri antara lain Robby Prakoso  (Head of Product Development, PT.PEI) , Mazlan Mohd Zain (General Manager Marketing, PT.PEI),   Gunther Scherz (Presiden Direktur PT PEI) –  Taufik Wahyu Hidayat (Director of After Sales and Service, PT.PEI).

Diantara pertanyaan yang timbul adalah mengapa sekarang ditampilkan kembali Exora Executive dan Exora Supreme yang sempat tidak ada beberapa bulan. Menurut Mazlan keputusan meluncurkan varian Executive dan Supreme  pada Exora Star adalah karena deman dari customer yang menginginkan adanya varian dengan spesifikasi tertentu sehingga PT. Proton Edar Indonesia memutuskan untuk membuat varian tersebut dengan menggunakan aksesoris produksi lokal.

Karena Indonesia adalah pasar MPV terbesar di Asia Tenggara maka penjualan PT.PEI juga mengalami peningkatan yang pesat sejak meluncurkan Exora Star di tahun 2011. Peningkatan penjualan pada tahun 2011 adalah sebesar 30% dibanding tahun 2010. Dan varian Exora menjadi penyumbang sebanyak 75% dari total penjualan PT.PEI. Khususnya Exora Star sudah 750 unit yang terjual sejak Juni – Desember 2011 dan diharapkan dapat meningkat sebanyak 200 unit per bulan dengan peluncuran tipe yang baru ini.

Dan untuk meningkatkan penjualan serta menjaga residual value kendaraan PROTON maka sejak Juni 2011 juga telah dibuatkan program Buy Back Guarantee serta pendirian Used Car Center Proton di 6 lokasi. Dan untuk Februari – Maret 2012 juga direncanakan akan dibuka dealer 3S di Depok, Surabaya, Bengkulu, Purwokerto dan Manado untuk menambah jaringan dealer yang ada saat ini sebanyak 19 Sales Outlet dan 33 Service Outlet.

Advertisements

One thought on “Varian baru Proton Exora Star dengan komponen asli Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s