BMW Group Indonesia mencapai pertumbuhan 25% di 2011

BMW Group Indonesia mencatat kesuksesan di tahun 2011 dengan total penjualan 1.551 unit BMW dan 37 unit MINI. Pertumbuhan volume sebesar 25% ini  melanjutkan trend positif penjualan merek BMW di tahun-tahun belakangan ini, menyusul peningkatan sebesar 25% dan 37% pada tahun 2009 dan 2010.
Brand ikonik MINI mulai diperkenalkan di Indonesia pada bulan Juli 2011 dengan total lebih  dari 100 unit pesanan hingga akhir tahun. Sehubungan dengan pesanan yang baru dimulai lewat pertengahan tahun dan permintaan MINI yang tinggi di dunia, hanya 37 unit yang telah dikirimkan ke pelanggan di Indonesia sepanjang dua bulan terakhir 2011, dengan sebagian besar pesanan akan dipenuhi pada awal tahun 2012 ini.


“Kami sangat puas dengan respon konsumen yang begitu antusias terhadap mobil-mobil yang kami hadirkan tahun lalu. Selain keunggulan fitur-fitur mobil kami, brand kami yang kuat, kegiatan marketing, komitmen para mitra dealer kami, serta staf yang profesional, memberi andil dalammendorong peningkatan penjualan,” kata Ramesh Divyanathan,
Presiden Direktur BMW Group Indonesia dalam jumpa pers di showroom Bestindo Car Utama di Bintaro.

“Mitra dealer saat ini menunjukkan keyakinan yang luar biasa terhadap brand kami dan terus menanamkan investasi untuk meng-upgrade dan melebarkan jaringan ritel guna menangkap peluang berkembangnya bisnis di masa datang. Investasi baru kami senilai 100 miliar rupiah untuk ekspansi kegiatan produksi dan memperkenalkan brand MINI mulai menuai sukses.

Kami telah meluncurkan BMW X1 dan Seri 5 yang kami rakit di Indonesia dan brand MINI telah meraih popularitasnya di Indonesia.Permintaan yang tinggi akan BMW X1, BMW Seri 5 dan BMW X3 memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan penjualan di tahun 2011. BMW X1 mencatat pertumbuhan 124% dengan total penjualan 218 unit, sedangkan BMW Seri 5 terus memperkuat posisinya dan membukukan pertumbuhan 30%, dengan total penjualan 429 unit. BMW X3 yang baru diluncurkan bulan Mei 2011 mencatat penjualan 113 unit. BMW Seri 3 yang popular juga sukses dalam penjualan, meraih pertumbuhan 3% dengan total 544 unit. Penjualan model dengan teknologi BMW Advanced Diesel juga menunjukkan tren positif, memberikan kontribusi 10% terhadap total penjualan tahun lalu.

Sebagai bagian dari perencanaannya di tahun 2012, BMW Group Indonesia akan terus memperkuat brand BMW dan MINI di Indonesia melalui kegiatan marketing dan peluncuran serangkaian model-model barunya. BMW Group Indonesia saat ini bersiap untuk menghadirkan sembilan model baru dan tiga varian mesin baru untuk BMW serta empatmodel baru dan empat Special Edition untuk MINI.
Untuk mengantisipasi pasar yang terus tumbuh, BMW Group Indonesia pun akan mengembangkan jaringan dealer BMW dari 11 dealer mobil baru dan 1 fasilitas mobil sekenmenjadi 15 dealer mobil baru pada akhir tahun 2012. Penambahan jaringan dealer akan
dilakukan di Jakarta serta Medan, ibu kota negara tetap menjadi pasar utama BMW dengan penjualan lebih dari 75%.
PT Bestindo Car Utama akan menambah divisi penjualan mobil baru dalam unit bisnisnya, dan pada saat yang sama terus memperkuat divisi BMW Used Car atau BMW Premium Selectionnya yang sukses. Dengan pertimbangan pentingnya untuk meningkatkan resale value BMW di Indonesia, BMW Group Indonesia secara bertahap akan membuka divisi BMW
Premium Selection di seluruh jaringan dealernya, yang akan dimulai dari outlet ritel milik PT Astra International dan PT Tunas Mobilindo Parama.

BMW Premium Selection adalah mobil seken BMW yang besertifikat dan bergaransi satu tahun untuk mobil-mobil yang yang usianya kurang dari lima tahun atau kurang dari 80 ribu kilometer. Mobil seken BMW tersebut harus memiliki catatan servis dari dealer-dealer resmi BMW, dan harus pula lolos dari 100 poin pengujian.

“Mulai 2012 ini, para pelanggan BMW bisa menikmati layanan premium one-stop shopping di showroom BMW,” ungkap Ramesh dalam pidatonya. “Seluruh showroom BMW sudah diupgrade fasilitasnya sesuai standar internasional ritel BMW. Dengan begitu, para konsumen dapat menikmati display berbagai model baru BMW serta melakukan test drive dengan model yang disukai. Konsumen juga bisa berdiskusi dengan Business Consultant BMW tentang berbagai topik seperti kemungkinan untuk melakukan tukar-tambah, membeli mobil seken BMW atau BMW Premium Selection dengan skema pembelian dan cicilan yang kompetitif dan fleksibel melalui BMW Financial Service bekerja sama dengan OCBC NISP Bank. Selain itu pelanggan juga dapat memilih berbagai fitur dan opsi terbaru untuk mengupgrade mobil BMW yang telah dimiliki dengan BMW Original Parts and Accessories atau berbelanja BMW Lifestyle Collection yang terbaru.”

Kepuasan konsumen atas produk dan layanan akan terus ditingkatkan melalui berbagai program seperti rekrutmen staf yang profesional, pelatihan dan pengembangan staf yang berlangsung di BMW National Training Center. Sejak 2011, BMW juga melakukan survei bulanan mengenai kepuasan pelanggan terhadap pembelian mobil baru maupun layanan purna jual.
“Tahun ini bakal menjadi periode yang sibuk buat kami. Dengan semua rencana strategisyang telah disiapkan, termasuk program untuk meningkatkan volume produksi hingga dua kali lipat di perakitan mobil kami di Indonesia, kami yakin akan mencapai pertumbuhan lebih dari dua digit di Indonesia. Perekonomi Indonesia yang semakin kuat, didukung dengan
stabilitas politik, suku bunga yang kompetitif, serta populasi kelas menengah yang besar,menciptakan iklim positif bagi pertumbuhan bisnis mobil premium,” kata Ramesh.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s