DRB-HICOM mengumumkan proposal ambil alih saham Khazanah di Proton dengan harga RM 5.50 per lembar

 

 

 

 

DRB-Hicom, pemenang sementara pada pembelian saham  Khazanah Nasional Bhd’s sebesar 42.74% di produsen kendaraan Proton, telah mengumumkan secara resmi sebuah proposal untuk membeli saham yang diperdagangkan di Bursa Malaysia seperti yang harus dilakukan oleh emiten manapun juga.

Mereka (baca DRB-HICOM) akan membayar holding investasi milik pemerintah tersebut (Khazanah Nasional Bhd-red) sebanyak  RM1,291,040,812 (Rp 3,873,122,466,000) , atau RM5.50 ( Rp 46.500) per saham dalam bentuk tunai. DRB-Hicom juga mengusulkan melakukan  mandatory general offer (MGO) untuk membeli saham yang dia belum miliki setelah persetujuan dengan Khazanah seperti aturan Bursa.

Pemegang saham minoritas akan ditawarkan harga yang sama yaitu – RM5.50 per saham – seperti dia tawarkan kepada  Khazanah. Jumat lalu sebelum perdagangan saham Proton disuspend maka Bursa ditutup pada harga saham RM5.18.

Kesepakatan hampir 100% sudah siap hanya tinggal dua hal yang harus diselesaikan yaitu:  persetujuan dari pemegang saham DRB-Hicom didalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) DAN persetujuan dari Ministry of International Trade and Industry (MITI) mengenai perubahan pemegang saham Proton.

Didalam proposal, DRB-Hicom juga mengatakan tidak akan melakukan perdagangan saham Proton dalam 2 tahun sejak tanggal transaksi, termasuk likuidasi aset Proton ataupun grup perusahaan. Perseroan juga mengatakan bahwa dalam satu tahun dari tanggal penyelesaian tidak akan memilih untuk melakukan pemutusan hubungan kerja kepada pegawai Proton dan/ atau anak perusahaannya.

DRB-Hicom telah mengeluarkan sebuah letter of credit yang tidak dapat ditarik kembali sebesar  RM38,731,224.35 yang mewakili 3% kepada vendor, yang tentunya adalah Khazanah. Pengumuman resmi akan diberikan.

DRB-Hicom, dikendalikan oleh tycoon Syed Mokhtar Al-Bukhary, dan mendistribusikan serta merakit untuk Volkswagen, Daimler AG’s Mercedes-Benz dan Honda Motor Co. Grup ini juga terlibat didalam bank, jasa serta sektor properti.  Dengan adanya pembelian ini dapat diharapkan adanya keuntungan dari jaringan DRB-HICOM kepada Proton serta fasilitas Proton pada plant Tanjung Malim yang belum digunakan secara full capacity oleh pihak DRB-HICOM.

 

Sumber: Bernama, Paultan.org

Advertisements

2 thoughts on “DRB-HICOM mengumumkan proposal ambil alih saham Khazanah di Proton dengan harga RM 5.50 per lembar

  1. Wah, up to date sekali.. Terima Kasih Saudara Ariefin, bolgs anda sangat informatif… Kapan ulas Neo CPS di Indonesia ??? hehehehehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s