Suzuki Ertiga resmi diluncurkan di New Delhi Auto Show.

Akhirnya Maruti Suzuki (subsidiary dari Suzuki Motor Corporation) menampilkan secara resmi MPV terbaru mereka yaitu ERTIGA. Seperti diketahui juga dari berita-berita yang beredar ERTIGA ini akan direncanakan masuk ke Indonesia sebagai pesaing dari Avanza – Xenia dan Livina.

Suzuki Ertiga sendiri mempunyai dimensi yang kompak dengan tujuan agar dapat dengan mudah diparkir dan dimanuver. Di India sendiri Ertiga akan ditawarkan dengan mesin bensin dan diesel. Di Indonesia besar kemungkinan hanya versi bensin. Tampilannya sendiri mungkin belum tentu merupakan selera semua orang tapi sepertinya masih cukup baik. Kadang kita harus melihat produknya secara langsung untuk dapat menilai apakah dia adalah kendaraan yang cantik atau tidak.


MPV kompak ini diluncurkan pada New Delhi Auto Expo dengan warna  ‘Serene Blue’ oleh Mr. Kenichi Ayukawa, Deputy Executive General Manager, Global Marketing, Suzuki Motor Corporation dan Mr. Shinzo Nakanishi, Managing Director & CEO, Maruti Suzuki India Limited.

Kompak namun luasa
Ertiga mempunyai ukuran yang sangat kompak dibanding MPV sejenis (panjang keseluruhan: 4265mm, lebar keseluruhan: 1695mm, tinggi keseluruhan: 1685mm). Serta dilengkapi dengan sumbu roda yang cukup panjang yaitu 2740 mm dan velg 15 inch memberi tampilan yang dinamis. Namun kalau melihat ukuran tersebut dapat dibayangkan bahwa Suzuki Ertiga akan mempunyai besaran yang tidak terlampau berbeda dengan All New Avanza. ( panjang keselurhan: 4140 mm, lebar keseluruhan 1660mm, tinggi keseluruhan 1695mm dan sumbu roda 2655mm) jadi kelihatan bahwa dengan ukuran demikian seharusnya Suzuki Ertiga mempunyai interior yang sedikit lebih lega dan nyaman dibanding Avanza Veloz.


Interior 
Interior dari Suzuki Ertiga menampilkan 3 baris klasik dengan susunan 2-3-2 dengan warna coklat dan dasbor two tone adapun kelengkapan dari Suzuki Ertiga baru adalah 3-spoke, tilt adjustable electric steering, twin AC, audio system (USB Compatible, 4+2 speakers), steering mounted audio controls, central door locking dan keyless entry, multi information display, power windows dengan auto down serta electrically adjustable mirror.

Memperkenalkan mesin baru K-14 VVT

Mesin bensi ringan dan bertenaga K-14 VVT akan tampil pertama kali pada Ertiga. Ini adalah juga penampilan global pertama dari seri keluarga mesin “K”. Sebagai tambahan versi Diesel dari Ertiga akan ditenagai oleh mesin diesel  1.3 liter DDiS Super Turbo yang diproduksi oleh Fiat,S.p.a

Spesifikasi India dari Ertiga dengan mesin bensin adalah tenaga puncak 70kw (94hp) @6000rpm serta torsi maksimum130Nm @ 4000rpm. Konsumsi bensin menurut aturan Certified Fuel Efficiency India adalah 16.02 km per liter (1L :16,02km).

Ertiga dengan mesin diesel akan mempunyai tenaga puncak 66kw (88hp)@4000rpm serta torsi maksimum 200Nm@1750rpm. Konsumsi bensin menurut  Certified Fuel Efficiency India adalah 20.77 km per liter (1L:2o.77km).


Jadi inilah sedikit inside scoop mengenai Suzuki Ertiga baru, mari kita lihat apakah spesifikasi dari Suzuki Ertiga akan sama bila dimasukkan oleh pihak PT. Suzuki Mobil Indonesia atau malah lebih baik dan terutama yang akan membuat penasaran apakah dimasukkan dengan mesin baru K14 atau menggunakan M15A yang sudah terpasang di tipe yang lain dan bagaimana dengan strategi harga mengingat banyak sekarang pesaing pada price bracket yang sama.

Sumber foto dan informasi: Team-Bhp.com dan Maruti Suzuki

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s