Indonesia akan menjadi pasar otomotif no.1 di ASEAN

Thailand akan kehilangan posis mereka sebagai pasar paling utama di ASEAN pada tahun ini, terutama karena banjir pada beberapa bulan terakhir ini. Walau angka penjualan belum masuk secara keseluruhan namun akan lebih kurang daripada total penjualan di Indonesia pada tahun 2011.

Sampai bulan September Thailand masih mempunyai penjualan yang tinggi namun volume penjualan jatuh setengahnya pada bulan Oktober dibanding bulan sebelumnya dan semakin menurun pada bulan November. Laporan memperkirakan bahwa total penjualan tahunan akan kurang 800.000 unit dari total yang dikirim pada 2010.

Sementara itu penjualan mobil baru pada sebelas bulan pertama ditahun ini  di Indonesia meningkat sejauh 17%, sampai 813,856 units, sebuah angka yang melewati rekor sebelumnya yaitu 760,000 dari tahun 2010. Dan seterusnya total penjualan keselurhan akan menjadi 870,000 units.

Dan ini akan terus bertahan, pada awal bulan, menteri perindustrian memproyeksikan penjualan dan produksi akan melebihi satu juta unit pada tahun 2013. Dan untuk mengantisipasi hal ini produsen Jepang yang mempunyai sekitar 90% market share di Indonesia akan meningkatkan kapasitas produksi mereka dan menambah investasi ke supplier.

Indonesia berharap menjadi rumah bagi pabrik Jepang dengan mempromosikan negaranya sebagai alternatif dari Thailand, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan bahwa pemerintah telah menghubungi beberapa perusahaan Jepang dan mengatakan kepada mereka bahwa kita menerima dengan tangan terbuka investasi mereka. .

Namun tidak hanya Jepang yang agresif bahkan  General Motors telah memutuskan untuk investasi US$150juta untuk membangun pabrik baru dan BMW baru memulai CKD salah satu sedan mewah mereka  Laporan bahkan mengatakan walau ada krisis utang di Eropa namun tingkat konsumsi di Indonesia masih tinggi pada tahun yang akan datang dibantu dengan pemotongan bunga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s