Kia Ray EV – Mobil Listrik produksi pertama Korea

Kia memperkenalkan Ray EV di Korea, dan city car tanpa emisi ini menjadi kendaraan listrik produksi pertama negara ini. Mobil ini hanya dibuat untuk pasar Korea dan mempunyai kesamaan dengan Ray CUV bermesin 1.0 liter. Ray EV mempunyai dimensi yang sama dengan versi bensin dan jangkauan adalah 139 km pada sekali pengisian.

Ray EV penggerak roda depan ini digerakkan oleh sebuah mesin listrik yang mengeluarkan tenaga sebesar  50 kW atay sekitar 68 PS dan aki lithium-ion polimer sebesar 16.4 kWh  – yang didesign untuk hidup dengan siklus 10 tahun– yang terpasang pada kursi belakang dan lantai kabin.  Ray EV dipasangkan dengan transmisi otomatis yang menawarkan dua mode berkendara yaitu Eco dan Brake, yang terakhir akan memaksimalkan daya pengereman pada saat jalan menurun.

Ray EV lebih berat 187 kg  dari versi bensin , namun torsi sebesar 167 Nm akan memastikan adanya performa yang responsif, Kia mengatakan, dalam hal performa, Ray EV sanggup berakselerasi dari  0-100 km/h dalam 15.9 detik, dengan kecepatan maksimal 130 km/h. Sedang untuk waktu pengisian ulang dibutuhkan setidaknya enam jam dengan listrik rumahan 220v dan hanya 25 menit dalam mode isi cepat (fast charge mode).

Mobil ini mempunyai beberapa ciri untuk mengidentifikasikan dirinya sebagai versi EV. Sebuah penutup pada gril depan menutup inlet untuk supply 220v pada pengisian ulang pelan, serta pengisian cepat ada pada inlet yang biasa terletak tutup bensin..

Salah satu ciri lain adalah velg  14-inch alloys yang dia pakai, dimana dia akan membantu performa aerodinamik dengan mengurangi drag, namun paling mudah melihat cirinya adalah dengan membaca tulisan ‘Zero Emissions EV’ pada pintu depan.

ray 3

Didalam Ray EV menampikan suatu dasbor yang sangat unik yang menampilkan operasi motor listrik, status aki serta jarak pengisian. Dan dia juga terpasang dengan sistem navigasi khusus kendaraan EV yang terpasang pada screen 7-inch screen dan memberikan informasi yang penting kepada pengemudi EV seperti jarak terdekat dari stasiun pengisian ulang.

ray 2

Display akan menampilan suatu daerah dalam radius lingkaran dan akan memetakan sejauh mana dapat berkendara dengan tingkat listrik didalam aki, jadi pengemudi dapay memperkirakan dimana dia dapat mengisi ulang.

ray 7

Sedikit pengetahuan: Ada 500 slow/fast recharge stations di Korea, dan pemerintah berencana membangun 3,100 stasiun pada akhir 2012.

Karena Ray EV tidak membangkitkan suara mesin, yang dapat berbahaya kepada pejalan kaki yang tidak menyadari adanya kendaraan. Maka kendaraan dilengkapi dengan VESS (Virtual Engine Sound System). Pada kecepatan dibawah 20 km/h, maka sistem akan membunyikan campuran dari suara mesin, hal ini juga akan dilakukan pada saat mundur.

Fitur safety termasuk enam airbags dan fitur electronic stability  – VDC (Vehicle Dynamics Control) dan Hill Assist Control – sebagai standard. Kia berencana untuk memproduksi setidaknya  2,500 units dari Ray EV pada tahun yang akan datang, dan akan diberikan kepada departemen-departemen serta kantor publik sebagai upaya dari program jangka panjang Kia dalam riset dan pengembangan

*diterjemahkan dari Paultan.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s