Test Drive: VW Golf TSI…another first impression :)

Well dengan adanya Parade Test Drive and Ride kita benar-benar diberikan kesempatan mencoba sejenak kendaraan-kendaraan yang baru untuk mengetahui bagaimana rasa dari kendaraan tersebut ditemani oleh wartawan dari grup Otomotif / Kompas Gramedia. Kendaraan ke-3 yang saya coba adalah VW Golf TSI. Sama seperti yang lain karena keterbatasan lahan dan waktu maka hanya impresi pertama yang dapat diberikan.

Sebenarnya di Jerman sendiri VW Golf mungkin dapat disetarakan dengan Toyota Avanza yaitu kendaraan sejuta umat sedang di Indonesia menjadi kendaraan yang mewah.Di Jerman sendiri pilihan mesin saat ini untuk bensin adalah 1.2 TSI dan 1.4 TSI utk varian biasa serta khusus GTI adalah 2.o TSI. Untuk diesel 2.0L TDI dan 2.0 TDI 4 motion (gerak 4 roda). Namun di Indonesia hanya ada Golf TSI dan GTI. Mungkin bila pasaran Diesel bagus merupakan ide untuk memasukkan Golf TDI ke Indonesia.

Kesan pertama dari hatchback VW Golf TSI adalah tampilan yang sangat bersih, design konservatif ciri khas Eropa dan attention to detail yang tinggi. Namun mungkin bagi yang melihat Golf akan melihat kendaraan yang biasa-biasa saja. Namun ada hal yang luar biasa pada Golf ini yaitu mesinnya.

Mesin TSI adalah upaya VW untuk dapat mengurangi emisi dan mengurangi konsumsi bensin. Dengan mesin 1400cc namun dengan tenaga menyerupai mesin 200cc. Mesin 1.4 TSI dapat membangkitkan 160HP / 5800 rpm dan torsi 240Nm pada 1500-4000rpm, jadi ini adalah mesin yang cukup kencang. Belum lagi digabungkan dengan transmisi 7 speed DSG yang biasanya terpasang pada VW Golf GTI maka ini adalah kendaraan yang paling masuk akal digunakan di Indonesia.

Ride and Handling.

Pertama yang ingin diketahui adalah bagaimana mesin kecil itu dapat berperforma dengan baik, dan mengingat selain dipasangnya Turbo Charger juga terpasang Supercharger sehingga dapat menghasilkan tenaga yang begitu besar.  Pertama kali kita injak gas dari diam terasa betapa si TSI ingin bergerak maju dan itu dilakukan dengan galak. Dimana kendaraan lain yang pakai turbo akan mengalami sedikit turbo lag, pada TSI sudah diminimalisir turbo lagnya. Tenaga yang dikeluarkan untuk stop and go traffic sangat baik dan begitu juga untuk kecepatan sampai 10o km/h namun saya belum tahu bagaiman mesin 1.4 TSI dapat menghandle perjalanan jarak jauh karena walau bertenaga besar namun mesin dengan cc kecil juga cenderung berputar lebih tinggi sehingga kadang akan menjadi melelahkan perjalanan jauh karena adanya suara mesin yang besar.

Bantingan suspensi pada Golf juga sangat sesuai dan masih dapat ditolerir di jalanan di Indonesia. Tidak keras seperti gerobak dan tidak terlalu lembut sepert kapal laut.

Transmisi DSG 7 speed juga sangat responsif dan bisa cepat mengganti gigi bila ada di mode manual melalui paddle shift. Tidak ada terasa jeda pada saat pergantian gigi dan terasa isi terus.  Saya berharap DSG bisa dipasang pada kendaraan-kendaraan yang lain 😦

Yang paling nikmat adalah tempat duduk dari Golf TSI. Walau berharga Rp 350juta tapi dia sudah diberikan bucket seat dan dilapis dengan alcantara…ckckkc padahal ini seharusnya untuk mobil mewah betul. Di Belanda sendiri joknya cuma dapat bahan biasa kalau standar, kalau Alcantara harus nambah.

Weighting dari setir juga baik, tidak berat dan tidak terlalu ringan. Just right. Memang dari segi ergonomis VW sudah memperhitungkan dengan seksama bahkan sampai sudut-sudut dimana orang harus melihat ke spion dan sebagainya.

Interior

Seperti kendaraan VW pada umumnya, attention to detail sangat tinggi dan kualitas pembuatan adalah yang terbaik diantara pembuat kendaraan di dunia. Bahkan sangat detailnya ada cupholder yang dipisahkan oleh sesuatu yang berbentuk cabang dan pada saat dibuka ternyata merupakan bukaan botol. (hmmm asal jangan jadi alasan beli mbl karena ada bukaan botol :p).

Selain kualitas interior yang top grade, fungsionalitas juga tidak dilupakan. Seperti saya katakan sebelumnya VW Golf di Eropa dianggap sama kayak Avanza sebagai kendaraan keluarga dan bisa bawa barang. Dan salah satunya adalah jok belakang Golf yang dapat melipat 60-40. Hal ini sangat berguna kalau kita lagi perlu bawa barang agak banyak ke suatu tempat.

Ruang bagasi pada Golf juga cukup. At least ada 2 koper besar dan travel bag bisa masuk. Kalau perlu lebih luas sebaiknya ambil Golf Plus atau mungkin Golf Variant kalau ada.

Kesimpulan

VW Golf TSI is a good car for day to day basis. Nyaman, cepat dan harga masih make sense (well utk beberapa orang at least). Namun harapan banyak orang sih agar VW segara full CKD biar harga kendaraannya turun 😛

VW Golf TSI adalah opsi terbaik di kelas Rp 350 jutaan karena disitu dihuni oleh Corolla Altis, Civic, Chevy Cruze dsb dan mungkin banyak yang sudah bosan melihat kendaraan Jepang yang notabene juga tidak mempunyai fitur keselamatan sebanyak VW Golf TSI.

Spesifikasi

Engine
Engine Type 4-cylinder petrol engine
Injection method/turbocharger type direct injection/turbocharger
Displacement, Liter / cm³ 1,4/1,390
Max. Power, kW (PS) bei 1/min 118 (160)/5800
Max. Torque, Nm bei 1/min 240/1,500-4500
Wheel rim Alloy Wheel, 16 inch
Transmission 7-speed auto DSG
Weight (kgs), with DSG Dual Clutch Auto Transmission
Unladen weight 1) 1339
Gross vehicle weight 1890
Payload 551
Axle load limit, front 1060
Axle load limit, rear 880
Trailer load limits, kgs
braked at 12% incline 1400
unbraked, DSG Auto Transmission 700
Towbar load limit 75
Max. roof load 75
Performance (DSG Dual Clutch Auto Transmission)
Top speed (where the law permit), km/h 220
Acceleration, secs 0-100 km/h 8
Environmental Information
Fuel grade minimum Petrol, RON 95, Shell Super Extra
Fuel tank capacity, liters 55
Fuel Consumption, with DSG Dual Clutch Auto Transmission 2)
Urban, liter per 100 km 7,5
Extra Urban, liter per 100 km 5,2
Combined, liter per 100 km 6
CO2-Emission combined, g/km 139
Luggage Capacity
With rear seat upright 350
with rear seat folded 1305
Dimension
Exterior
Length, mm 4199
Width, mm 1786
Height, mm 1512
Height opened bonnet/floor, mm 1714
Height opened tailgate/floor, mm 2017
Wheelbase, mm 2575
Turning Circle, mm 10900
Interior
Effective headroom-front, mm (with sunroof) 987 (965)
Effective headroom-front, mm (with sunroof) 979 (978)
Elbow width, front-3 door/5 door 1447/1447
Elbow width, front-3 door/5 door 1452/1420
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s