Test Drive: New Kia Rio 1.4 Manual, impresi pertama

Hari Minggu, 18 Desember 2011. Car and Tuning Guide melaksanakan Parade Test Drive and Ride yang kedua kalinya. Pertama kali dilakukan di Living World, Alam Sutra dan sekarang hadir dengan lebih besar di Epicentrum Walk, Kuningan. Adapun judul acara yang sekarang adalah Parade Test Drive and Ride karena pihak ATPM motor juga menurunkan beberapa unit yang bisa dites.

Untuk kesempatan kali ini saya sudah melakukan setting target kendaraan apa yang harus dicoba dan yang pasti Kia Rio baru adalah salah satunya. Selain harganya yang sangat kompetitif yaitu 159,9 juta OTR Manual dan 173,9 jt OTR Matic. Juga karena penampilan dari Kia juga sudah berubah drastis setelah dipegang oleh Peter Schreyer mantan designer Audi. Tampilan sekarang ada kecenderungan seperti kendaraan Eropa. Nah sekarang saatnya ingin mengetahui apakah tampilan sesuai dengan feeling untuk dibawa.

Exterior

Tampilan exterior sudah sangat berbeda dibanding pendahulu yang pertama dan kedua Kia Pride. Tampilan lebih dewasa dan malah seperti Kia Sportage yang dikecilkan. Grill Tiger Nose yang sudah jadi Corporate Identity KIA menghiasi hidung dari Kia Rio terbaru. Sayang Kia Motors Indonesia (KMI) tidak memasukkan versi dengan lampu depan projector dan Day Time Running Lights (DRL) seperti Kia Sportage.

Sepintas ada kemiripan dengan kendaraan dari VW Group dari depan antara VW Polo dengan SEAT Ibiza.

Bagian belakang dari Kia Rio juga seperti tampilan dari grup VW yaitu SEAT Ibiza. All in all penampilan sangat baik dari produsen Korea. Spesifikasi ban yang terpasang juga sedikit lebih besar dari sepupunya yaitu Grand Avega. Dimana kalau Grand Avega terpasang velg dan ban 14 inch (yang membuatnya kelihatan kedodoran) pada Kia Rio dipasang velg dan ban 15 inch. Sehingga dapat menghasilkan kestabilan yang sedikit lebih baik serta pengendalian yang lebih firm. Dari belakang juga berbeda dengan tipe lama. Kalau kita tutup logo KIA malah seperti SEAT atau VW. Salah satu lagi yang disayangkan adalah tidak dipasangnya versi lampu belakang LED pada Kia Rio. Tapi mungkin ini bisa ditambah oleh pemilik.

Interior

Bagian dalam dari Kia Rio baru juga sangat berbeda dibanding pendahulunya. Lebih ada penampilan Euro style dan memang ada sedikit sentuhan desain dari Audi ke dalam Kia. Warna interior yang digunakan adalah beige dan memberi penampilan yang lebih besar didalam kendaraan. Namun seharusnya ada opsi warna interior seperti hitam. Memang warna beige memberi kesan mewah namun akan cenderung cepat kotor dibanding warna hitam. Bahan jok cukup baik dan mempunyai alur motif yang sama dengan Kia Sportage ataupun Picanto. Duduk juga masih termasuk nyaman mengingat juga harga yang sangat kompetitif dan biasanya mobil pada kelas ini kurang mempunyai jok yang enak dan Kia Rio masih bisa memberi jok dengan rasa duduk yang enak. Setidaknya tidak melelahkan kalau kita harus duduk lama di kemacetan Jakarta. 

Design dasbor juga cukup baik pada New Kia Rio. Sederhana dan fungsional seperti tipikal kendaraan Eropa. Yang unik adalah tombol pengatur AC yang mirip-mirip dengan toggle pada MINI. Sangat mudah digunakan, fungsional dsb. Luas interior juga tidak terlalu buruk dan justru malah sangat sesuai dengan kemacetan ibukota. Tidak terlalu sempit dan tidak terlalu besar. Pas.

Namun mungkin pemilihan warna yang harus dipikirkan lebih baik. Saya pribadi lebih senang all black dari KIA Sportage sehingga berkesan lebih mewah dan menyatu

Yang juga sedikit disayangkan adalah Head Unit standar yang diberikan oleh Kia. Walau merek JVC namun ada kesan tampilannya seperti baru dipasang oleh ATPM pada saat tiba di Indonesia. Saran saya sih lebih bail memasang single DIN seperti kenwood dan Pioneer agar tidak kelihatan seperti memaksa dipasang.

Karena rangka yang diluar tidak match sama sekali dengan dasbor apalagi karena ingin menggunakan feature Bluetooth dengan handsfree telephone akhirnya malah ada semacam mikrofon kecil diatas kolom setir. Hmmmm not really nice karena merusak tampilan dan benar-benar seperti dipaksakan. Sebenarnya mobil sudah bagus namun pemaksaan asesoris yang tidak sesuai membuatnya menjadi jelek. Seharusnya dibiarkan dengan versi integrated dan ada steering control audio dsb. Karena kendaraan non-Jepang bisa memberikannya dengan harga setara Kia Rio.

Tongkat persneling pada Manual dan Matic semua berdesain bagus dan nyaman digenggam jadi tidak terasa kaku atau aneh pada saat dioperasikan. Pegangan pada setir juga terasa mantap dan tidak licin. Hal ini sangat penting pada saat kita mengendarai lama.

Luas kabin saya kira cukup untuk kategori small hatchback, cukup nyaman untuk 4 orang dewasa namun mungkin sedikit sempit kalau bawa 5 orang dewasa.

Ride and Handling

Cukup kita membahas mengenai exterior dan interior dari Kia Rio, jadi sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana rasanya membawa si Kia baru ini. Impresi pertama yang didapat adalah injakan kopling serta transmisi 6 speed pada Kia sangat presisi dan tidak terasa ada karet mengganjal didalam tongkat persneling, setara mungkin dengan Honda yang terkenal dengan pergantian gigi yang sangat presisi.

Karena luas area pengetesan terbatas maka hanya sedikit yang dapat diceritakan namun impresi pertama juga yang didapat adalah weight dari setir sangat baik, pada saat kecepatan rendah termasuk ringan dan kecepatan sedikit tinggi lebih berat. Bobot memutar cukup baik dan tidak melelahkan terutama bagi pengendara wanita. Bantingan suspensi juga lebih baik dibanding saudara sepupunya yaitu Hyundai Grand Avega dimana pada Grand Avega bantingan sangat nyaman dan empuk  namun suspensi belakang ada kecenderungan mengayun, untuk Kia Rio malah bantingan nyaman namun sedikit lebih firm (tidak sampai terlalu firm sehingga badan kita sakit) namun tidak ada gejala mengayun seperti Grand Avega.

Jadi yang pasti Kia Rio merupakan kendaraan yang masih nyaman dan stabil untuk dibawa dalam daily commute dan kalau kita perlu mengejar pesawat ke bandara. Mesin sendiri sama dengan Grand Avega yaitu mesin 1400cc DOHC tipe Gamma yang dapat menghasilkan tenaga 108 Hp / 6300rpm dan torsi 13,8 Kgm / 4200 rpm.

Safety Features 

Walau berharga 159,9 jt OTR namun fitur keselamatan masih diberikan oleh Kia yaitu Single Airbag dan rem ABS dengan EBD. Setidaknya masih ada ATPM yang memikirkan memberikan fitur keselematan pada kendaraannya. Satu lagi yang mungkin bisa dianggap Safety atau setidaknya Safety at heart adalah garansi yang diberikan Kia yaitu Jaminan selama 5 tahun / 150.000km. Jadi di Indonesia Kia yang mempunyai jaminan garansi terpanjang.

Kesimpulan

Bila anda sedang mencari small hatchback dengan jaminan garansi yang panjang, tampilan yang tidak pasaran serta kualitas pembuatan yang baik dan terutama masih termasuk nyaman dikendarai saya kira Kia Rio adalah pilihan terbaik anda. Bila ada uang lebih sebaiknya ambil Ford Fiesta 🙂

 Spesifikasi

ITEM MT AT
Type Gamma CCVT 1.4 L DOHC
Displacement (cc) 1.396
Max Output (ps/rpm) 107 / 6300
Max Torque (kg-m/rpm 13.8 / 4200
Transmission 6 Speed 4 Speed
Steering Rack & Pinion
Power Steering Electronic Power Steering w/ Tilting
Break (Front) Disc
Break (Rear) Drum
Dimension (L/W/H) (mm) 4.045 / 1.720 / 1.455
Wheelbase (mm) 2.570
Front / rear wheeltread (mm) 1.521 / 1.525
Wheel Alloy Wheel 185 / 65 R15
Front Suspension Mc Pherson Strut w/ Stabilizer & Dual Tube Gas Shock
Rear Suspension Couple Torsion Beam w/ Gas Shock Absorber
Door Handle Body Color
Radiator Grille Chrome
Outside Mirror Body Volor w/ Electric Miror & Electric Folding
Side Reperater Lamp S
High Mounted Stop Lamp S
Front Fog Lamp S
Steering Wheel 4 Spoke (PU)
Intrumental Panel Silver Painted
Odometer Digital w/ Trip Computer
Vanity Mirror + Illumination S
Front Seat Head Rest Up , Down
Rear Seat Head Rest Up , Down
6:4 Split Back Folding S
Seat Material Cloth
Airbag Single
ABS S
Keyless Entry S
Seat Belt (front) 3 Point
Seat Belt (rear) 3 Point (Side) , 2 Point (Center)
Central Door Lock S
Parking Sensor S
Head Unit Radio + CD + MP3 + Bluethooth
Speaker 4 Main Speaker (Fr / Rr Door) + 2 Tweeter
Media Connectivity USB + AUX (iPod Ready)
Power Outlet Front Console + Cargo
Power Window Front & Rear
Air Conditioner S
Batery Saver S
Advertisements

3 thoughts on “Test Drive: New Kia Rio 1.4 Manual, impresi pertama

  1. Saya dengar ada banyak komplin dengan mesin yang ngelitik dan layanan purna jual yang masih pas-pasan. Apa ini masih terjadi dengan All New Rio 2013?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s