BMW seri 6 E24…..beauty on wheels :)

major

Bagaimana kita dapat menggambarkan BMW 6 Serie E24 dalam satu kalimat? Timeless. Karena: lebih lama diproduksi daripada seri  5 dan seri 7 (pada periode yang sama) dan tentu lebih baru daripada pendahulunya (BMW E9). Salah, dia sudah seperti itu sejak perkenalannya.  Di tahun ’70, ’80 dan ’90 sebuah mobil untuk bad guys. Dan ini juga masih cocok penampilannya.

Jadi berapa lama BMW memproduksi 6 Serie E24 ? Kira-kira 13 tahun dan itu sangat lama untuk satu model kendaraan tanpa adanya facelift.  BMW memperkenalkan  6 Serie E24 sebelum 7 Serie E23 pada tahun 1976. Pada waktu itu masih dengan bemper yang “sopan” serta velg yang kecil. Semakin lama maka kedua hal tersebut menjadi semakin tebal dan besar. Produksi berakhir pada tahun 1989. Diperkenalkan pada zaman masih adanya karburator, transmisi 4 percepatan dan baru berhenti productie setelah adanya “aturan lingkungan”, injection dan velg alloy yang besar.

Tidak terlalu banyak  6 Serie’s yang dijual oleh BMW. Lebih sedikit dari  seri 5 atau 7. Ada sekitar 86.216 6 Serie’s yang dibuat selama 13 tahun. Coupe besar juga merupakan suatu produk yang khusus.  Dengan seri 6 justru BMW melakukan hal yang berbanding terbalik dengan sainannya Mercedes. Dimana memperbesar dan mempermewah coupe besar mereka bahkan lebih mewah daripada  S-class, maka seri 6 justru masuk diantara seri 5 dan seri 7 (wajar bukan?). Lebih besar dan mahal dari sedan “standar” tapi tidak lebih eksklusif dari seri 7 termahal.  Hanya satu ketika BMW coba hal kebalikan dengan Seri 8 yang hanya sampai 2003.

major

Yang pasti Serie 6  (E24) adalah BMW yang paling optimal. Dua pintu, titik berat serta bobot yang rendah. Hanya tersedia dalam enam silinder dan interior yang khusus mengarah ke pengemudi.

major

Cerita dimulai pada tahun 1976. Empat tahun setelah Seri 5 pertama keluar, 5 tahun sebelum perkenalan Serie 5 generasi kedua.  Serie 6 E24 adalah apa yang diperkirakan dalam timeline: suatu jembatan antara  2 Serie 5.  E24 banyak meminjam teknik serta suku cadaang dari Seri 5 E12.   Terjadi pengembangan terus menerus dan pada seri 6 semua harus terpasang lebih baik dan lebih presisi. Kemudian seri 5 E28 muncul beberapa tahun kemudian dan bisa menikmati pengembangan yang seterusnya.

Pada  awal E24 terpasang   M30 enam silinder, 3.0 dan 3.2 liter. Pada waktu itu sudah merupakan mesin yang “nikmat” dengan torsi yang besar pada putaran rendah.  630CS dapat membangkitkan 255Nm pada 3500 rpm dan 185hp pada 5800 rpm, 633CSi (i dari injeksi) mempunyai 284Nm pada 4300 rpm dan 197hp pada 5800 rpm. Mesin enam silinder segaris tidak mempunyai kesulitan untuk memindahkan seri 6 seberat 1480kg. Coupe yang sudah berusia  35 tahun bisa berakselerasi dalam 8 detik ke 100 km/h dan tidak berhenti sampai 210 km/h. Namun yang pasti dengan transmisi manual karena automatic 3 percepatan pada waktu itu belum diarahkan pada performa.

Siapapun yang “berminat” pada 6 akan meninggalkan matic.  Hanya pada tahu  1983 maka diperkenalkan matic 4 percepatan yang masih memberikan rasa efisien.  Sampai 1979 diberikan transmisi 4 percepatan manual sebagai standar

major

Setelah terjadi pertukaran dari transmisi pada E24 maka baru hal tersebut menjadi menarik .  Didepan sudah terletak mesin dengan injeksi. Suatu sistem yang simpel namun tepat dari Bosch.  Sebuah mesin 3.5 liter enam silinder telah menemukan jalannya ke hidung yangh panjang.  Pada saat yang sama BMW memperkenalkan  628CSi yang merupakan 6 terringan  (1450kg). Sang primadona dan seri 6 terenak mereka simpan sampai tahun 1983. Pada tahun itu sebelum perkenalan  E28 M5, muncul  M635CSi.  BMW akan membangun tipe ini sampai tahun 1989. Sebuah mobil yang di Amerika dikenal dengan M6, walau yang versi “Amerika” justru lebih kalem dibanding M635 versi Eropa..

BMW M635CSi adalah satu-satunya yang mempunyai 24 katup  serta topspeed yang kemudian menjadi momok.  Dengan mesin “M1” yang mengeluarkan tenaga 286pk (@6500rpm), 340Nm (@4500rpm) maka coupe seberat 1510kg akan bisa mencapai kecepatan 255km/u. Hanya catalytic converter yang mencoba merusak kesenangan pada tahun 1987, yang menurunkan tenaga ke 260 hp serta torsi 330Nm

major

major

major

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s