Proton Defensive Driving – Merasakan Lotus Ride and Handling :)

Pada hari Minggu 4 Desember 2011. Proton Edar Indonesia mengadakan acara Proton Defensive Driving di pacuan kuda Pulomas. Acara yang sangat baik untuk memberi awareness kepada pengguna Proton dan media mengenai tata cara mengemudi defensif yang baik. Mengemudi defensive dalam hal ini berarti mengemudi dengan menghormati pengendara lain dan tetap waspada di jalanan.

Pelatihan dibuka oleh Direktur Proton Edar Indonesia Pak Taufik Wahyu Hidayat serta updated mengenai Proton oleh Pak Robby Prakoso selaku Production Planning Manager. Sebelum praktek dilakukan pelatihan secara teori oleh Ir.Bintarto Agung, Direktur Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) selama kira-kira 4 jam dengan memberi pengetahuan mengenai tata cara berkendara yang baik dan terutama apa yang harus dilakukan terhadap keadaan darurat di jalanan.

Setelah mendengarkan teori dan makan siang yang menyenangkan (disponsori oleh Proton) maka tiba saatnya untuk melakukan testing praktek mengenai Defensive Driving. Course Defensive Driving ada beberapa macam yaitu start dengan mencoba melakukan manuver pengelakan dengan menekan rem secara keras namun tidak mengunci (Threshold Braking), disini dapat dilihat betapa stabilnya handling dari kendaraan Proton berkat Lotus Ride and Handling bahkan kendaraan MPV sangat stabil dalam pengelakan. Setelah mencoba pengelakan dicoba ngerem dengan kecepatan 40km/h pada jalan yang licin dengan menggunakan ABS dan non-ABS. Disini dapat dirasakan betapa pentingnya rem ABS bila jalanan licin. Bila menggunakan rem non-ABS maka diajarkan cara pulse braking seperti Gen2 yang dibawah.

Peserta diberi kesempatan mencoba kendaraan ABS (Proton Satria Neo, Proton Persona, Proton Exora Executive) dan non-ABS (Proton Saga, Proton Gen2, Proton Exora Star). Setelah pengereman ABS dilakukan praktek reaksi dimana pada kecepatan 40km harus memperhatikan lampu utk menentukan kemana harus mengelak apa ke kiri atau kekanan. Disini sangat ditentukan ketenangan mengemudi serta kecepatan reaksi otak menentukan arah.  Setelah acara reaksi dilakukan sedikit fun gymkhana dimana diharapkan peserta dapat melalui slalom course dengan secepat mungkin. Beruntung saya sempat jadi juara 2 dengan waktu 52 detik menggunakan Proton Satria Neo. Dapat tambahan goody bag hahhahhah.

Tentu selain acara Defensive Driving juga diberikan sedikit pertunjukan precision driving oleh Bintarto menggunakan Corolla DX dengan mesin 3S-GTE serta Proton Satria Neo.

Semoga Proton dapat melanjutkan acara ini agar konsumen Indonesia dapat mengetahui Lotus Ride and Handling. Kendaraan dengan rasa Eropa namun harga Asia.

Advertisements

One thought on “Proton Defensive Driving – Merasakan Lotus Ride and Handling :)

  1. di malaysia saya memandu proton inspira handling by lotus (rebadge lancer gt) dari segi handling lancer x dapat kalah kan inspira, no kidding ive test both cars…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s