New Product: BMW 1 Series, dua gaya luar biasa dalam satu paket.

Pada tanggal 30 November 2011 di BMW Studio, Plaza Indonesia diluncurkan tipe terbaru dari BMW untuk Indonesia yaitu BMW 1 series. BMW 1 series dulu sudah pernah hadir namun penjualan kurang begitu menggembirakan namun dengan model terbaru dari BMW 1 series saya kira sukses dari penjualan BMW dapat terulang kembali.

BMW 1 Series dikeluarkan dengan dua trim yaitu “Sport Line” dan “Urban Line” dimana ini adalah pertama kalinya varian terbaru dari BMW dipasarkan di Indonesia. Di masa yang akan datang new seri-3 juga akan ada “Sport Line”, “Modern Line” dan “Luxury Line”

Varian Sport Line memiliki bemper depan dan belakang dengan elemen high-gloss black, kidney dengan sembilan grill ekstra lebar berwarna hitam, spion hitam, knalpot berlapis krom hitam, logo Sport di sisi kiri dan kanan bodi, dan velg 17 inci berbahan alumunium ringan. Pada interior, desain varian ini bernuansa garis merah, seperti di chronoscale pada speedometer, detil jahitan berwarna merah yang kontras pada pada kemudi sport berlapis kulit, entry sills dengan logo “BMW Sport”, kunci dengan detail merah, dan kulit Dakota dengan detil jahitan  yang kontras.  Interior juga dilengkapi sport seat serta lampu dengan pilihan nuansa warna merah atau putih.

Varian Urban Line menampilkan bemper depan dan belakang dengan elemen putih, kidney dengan sebelas grill putih berkrom, logo Urban Line pada sisi kiri dan kanan bodi, knalpot berlapis krom matt, dan velg 17 inci berbahan alumunium ringan pada eksterior. Pada interior, varian ini menawarkan entry sills pintu dengan logo “BMW Urban”, kemudi Sport berlapis kulit, kunci dengan detail putih, trim interior dengan elemen white acrylic glass dengan garis beraksen Oxide Silver matt dan kulit Dakota yang moderen. Lampu interior memiliki pilihan warna bernuansa biru atau putih. Yang juga menarik adalah sekarang kunci dari BMW mempunyai aktuensasi warna tersendiri

BMW Seri 1 terbaru menggunakan transmisi otomatis baru dengan 8 percecepatan dengan Steptronik dan fungsi Auto Start/Stop sebagai fitur standar. Transmisi 8 percepatan ini menawarkan kenyamanan,  perpindahan gigi yang lembut namun responsif, dinamika berkendara yang lebih nikmat namun dengan penggunaan bahan bakar lebih efisien, dan emisi yang lebih rendah. Model terbaru ini menggunakan  mesin empat silinder generasi terbaru dengan teknologi BMW TwinPower Turbo yang mengkombinasikan TwinScroll turbocharger dengan VALVETRONIC, Double-VANOS dan High Precision Injection. Mesin baru ini menghasilkan torsi besar pada putaran mesin rendah, output yang lebih besar, penggunaan bbm yang lebih irit, emisi yang lebih rendah dibanding dengan mesin yang naturally aspirated.BMW 116i menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.6 liter  yang dapat menghasilkan output 136 dk pada putaran mesin 4,400 dan torsi maksimum 220 Nm pada putaran mesin 1.350  dan 4.300. Mobil ini dapat mencapai 100 km/jam dalam 9.1 detik saja dari posisi diam, dengan kecepatan maksimum 210 km/ jam. Konsumsi bahan bakar mobil ini juga sangat irit, 1 liter untuk 17.24 km, dengan emisi CO2 sebesar 134 g/km.

Model ini menghadirkan beragam teknologi BMW EfficientDynamics yang dapat menghemat penggunaan bahan bakar dan mengurangi emisi dimana secara bersamaan menambah dimanika mengemudi. Termasuk di dalamnya fitur Automatic Start/Stop, Brake Energy Regenation, dan Electronic Power Steering dengan Servotronic. Kelebihan lain adalah Driving Experience Control dimana terdapat mode ECO PRO terbaru yang membantu menghemat bahan bakar sebesar 20 persen.  Tersedia juga pilihan mengemudi mode Sport, Sport Plus, dan Comfort pada Sport Line dan piihan mode Sport dan Comfort pada Urban Line. 

ECO PRO secara interaktif membantu pengemudi mengendarai mobil secara lebih ekonomis, yang membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien. Mode ini mencegah penyaluran tenaga AC yang berlebihan dan mengubah sensitivitas pedal gas.  ECO PRO juga memberikan tips mengemudi  di layar monitor agar lebih efisien penggunaan bbm misalnya dengan menekan pedal gas secara tidak berlebihan dan mempertahankan kecepatan konstan. ECO PRO juga menampilkan data konsumsi bbm di layar monitor sehingga pengemudi dapat menganalisa dan mengubah gaya mengemudi mereka untuk lebih hemat bbm.  Pengemudi juga dapat melihat dilayar monitor bonus kilometer yang telah dikumpulkan karena menggunakan mode ECO PRO.

Pada BMW Seri1 terbaru terdapat fitur iDrive dengan monitor layar datar ukuran 6.5” inci beresolusi tinggi, dilengkapi sistem entertainmen BMW Radio Professional dengan USB dan Bluetooth interface untuk ponsel berikut fungsi audio streaming dan Bluetooth Office.Beberapa pilihan warna eksterior yang dapat di pilih adalah Alpine White, Black Sapphire, Glacier Silver dan Crimson Red, dengan pilihan interior Dakota leather berwarna Grey dengan aksen Black, Coral Red dengan aksen Black, atau Black dengan aksen Red   untuk BMW 116i Sport Line. Sedangkan BMW 116i Urban Line di tawarkan dengan pilihan warna eksterior Alpine White, Black Sapphire, Glacier Silver dan Mineral Grey, serta interior kulit Dakota berwarna Pearl Grey atau Black.  Harga BMW 116i Sport Line dan BMW 116i Urban Line adalah Rp. 529.000.000,-off-the-road Jakarta.

Yang pasti 1 series yang sekarang lebih besar dan lebih kelihatan mewah dibanding pendahulunya dan yang pasti lebih cantik kalau melihat langsung daripada dari foto. Saya tidak bisa memberikan komentar lebih banyak karena belum ada kesempatan untuk mengetahui kemampuan dari mesin baru 1 series jadi paling tidak baru sebatas pandangan mata saja.

Jangan lupa bagi yang berminat mencoba 1 series selama 1 tahun silahkan join program yang dibuat oleh BMW Indonesia dimana dia mencara 2 orang bersaudara untuk menjadi icon dari “Urban Line” dan “Sport Line” selama 1 tahun…(he siapa sih nggak mau dikasih mobil gratis selama 1 tahun 🙂 bensin bayar sendiri ya). Cara untuk mengikuti program ini adalah dengan akses web www.1origin2originals.com program ini akan dimulai pada 15 Desember 2011 s/d 15 Februari 2012.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s