Proton memperkenalkan “Power Window Lifetime Warranty”

Sebut nama Proton, dan paling sering yang akan muncul adalah “power window issue”.  Proton MD Datuk Seri Syed Zainal Abidin mengakui bahwa dia sangat terobsesi masalah power window ini sejak menjadi direktur lima tahun lalu.

Dia mengatakan bahwa Proton sudah lama memperhatikan hal ini dan kendaraan saat ini sudah tidak terlalu banyak mengalami masalah power window.  Pada umumnya, Defects Per Unit (DPU) turun menjadi 0.26 pada bulan Agustus 2011 dari 8.0 di 2006/07.

Tapi hanya sedikit yang dapat dilakukan untuk meyakinkan 28 juta orang (penduduk Malaysia) serta pengguna Proton lain di dunia seperti dikatakan Syed Zainal, jadi Proton menciptakan suatu janji perihal Power Window agar tidak menjadi hal yang menganggu.  Komponen utama yanga dijanjikan adalah  Power Window Lifetime Warranty.  Sebuat garansi yang sangat unik untuk setiap kejadian yang unik dalam pasar yang begitu unik!

Syaratnya seperti ini.  Power Window Lifetime Warranty (PWLW) dapat diaplikasikan pada semua model baru Proton yang teregister sejak 1 September 2011 dan seterusnya (saat ini baru di Malaysia). Garansi ini berlaku 10 tahun dari tanggal registrasi atau 250.000km, yang menurut Proton merupakan “siklus hidup” sebuah kendaraan. Yang termasuk juga dalam skema ini adalah semua kendaraan Proton yang masih dalam garansi pabrik pada 1 September 2011.

Sebagai contoh, jika Proton Waja berumur 2 tahun dan  10 bulan memasuki garansi tiga tahun pabrik pada 1 September 2011, maka dia berhak untuk ikut PWLW. Maka  10 tahun akan dihitung dari tanggal register kendaraan, dan jika sudah berjalan 100.000km maka masih akan ada sisa 150.000km. Mana yang tercapai lebih dulu. Tapi sang Waja tidak berhak bila melakukan servis diluar jaringan resmi Proton pada satu saat dalam hidupnya.

Hal yang sama berlaku untuk kendaraan baru. Agar berhak untuk mendapatkan garansi, maka kendaraan harus diservis di servis center resmi Proton selama masa hidup.  Saya juga menyadari bahwa kendaraan yang dikirim ke SC Proton untuk servis reguler akan mendapatkan ‘servis power window’ yang meliputi penyemprotan silikon spray untuk mengurangi gesekan. Ini tidak menambah biaya dan merupakan bagian dari Proton untuk meningkatkan kualitas kerja.

Ini berlaku kepada pemilik pribadi maupun fleet, PWLW mengcover empat komponen utama dari mekanisme Power Window yaitu PW regulator, PW motor, PW switches dan PW run channel. Kalau kasus Anda sesuai dengan persyaratan yang dibuat Proton maka jasa suku cadang dan jasa kerja dibayar oleh Proton. Tidak ada batasan berapa banyak klaim yang dilakukan. .

Kendaraan yang masih masuk  “still under warranty” harus mengklaim sertifikat Power Window System Warranty Registration dari Proton service centre manapun. Yang harus dicatat adalah bahwa haris dibuatkan janji terlebih dahulu.  Proses ini diperlukan bagi kendaraan Proton yang terdaftar sejak 1 September 2011, karena janji  Power Window Promise  sudah ada dalam  service booklet.

“Memperbaiki persepsi ini adalah menantang namun sangat diperlukan, dan PWLW adalah salah satu inisiatif yang harus dilakukan untuk menghilangkan stigma. Sangat menyedihkan bila customer yang membeli Proton mempertanyakan kualitas dari power window kami sehingga sampai tidak mau menggunakannya karena takut rusak” ungkap Syed Zainal.

“Pesan kami sangat sederhana: Jika anda membeli Proton sekarang, harap diingat bahwa power window bekerja dan kami mempunya garansi untuk mendukung”

disadur dari Paultan.org

Advertisements

One thought on “Proton memperkenalkan “Power Window Lifetime Warranty”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s