BMW Seri 3 – F30

Pada 14 October 2011. Pihak BMW meluncurkan salah satu kendaraan utama mereka yaitu BMW seri 3 yang memasuki era sasis tipe terbaru yaitu tipe F dengan nomor 30. Jadi sekarang seri-3 dikenal dengan Serie 3 F30.

Launching resmi akan diadakan pada Februari 2012 dan kemungkinan 6 bulan. kemudian akan masuk Indonesia 🙂

Seperti kita lihat maka tampilan dari F30 telah berubah dari tipe sebelumnya yaitu E90. Sekarang F30 berukuran sedikit lebih besar yaitu lebar jejak (depan +37 mm dan belakang +47mm). lebih panjang (+93mm) dan wheelbase yang lebih panjang (+50mm). Oleh karena ukuran membesar maka interior F30 juga lebih lega daripada E90. Namun walaupun lebih besar namun bobot lebih ringan sebesar 45kg.

Kita bisa lihat design baru dari BMW dimana pada bagian muka serupa dengan Seri 1 dimana dua ginjal tampak lebih lebar dan lampu menjadi lebih pipih.

Mesin yang akan diluncurkan juga adalah tipe terbaru dimana semuanya akan berupa Twin Power Turbo dengan tingkat paling tinggi yaitu BMW 335i dengan mesin 3.0 L serta 306 HP dan 400NM (sangat kencang). Dibawahnya akan ada 328i dengan mesin 2.0 L TPT yang bisa menelurkan tenaga sebesar 245Hp pada 5000-6500 rpm dan torsi 350Nm pada 1.250-4800rpm

Akan ada 2 mesin diesel dalam sosok 320D dan 320d Efficient Dynamics. Transmisi standar di Eropa adalah transmisi manual 6 speed serta untuk automatic adalah 8 speed (ini yang besar kemungkinan masuk Indonesia).

 

Yang sedikit berbeda dari BMW adalah adanya tiga tipe trim level yaitu Sport, Modern dan Luxury. Ini sangat mirip dengan varian pada Mercedes Benz yaitu Classic, Avantgarde  dan Elegance.

 

Dari sisi interior tipikal BMW masih ditampilkan dimana dasbor difokuskan kepada pengemudi namun sekarang juga dapat dilihat adalah fungsionalitas dari BMW yang juga semakin tinggi. Bahkan bagasi pun sudah membesar menjadi 480L yang berarti F30 punya bagasi 20L lebih besar dari E90. Dan ini sangat penting bagi para Eksekutif Muda yang pergi bermain golf atau lain sebagainya dan membutuhkan bagasi yang memadai.

Saya sendiri tidak sabar untuk melihat Seri 3 F30 masuk Indonesia dan kalau bisa diberikan kesempatan untuk menguji dengan seksama. Selebihnya silahkan nikmati foto-foto yang ada dari Press Release BMW Group.

Luxury Line

Sport Line

 

 

Dasbor cluster terbaru F30

Customizing keys 🙂

Sport Line

Modern Line

Luxury Line

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s