Suzuki (Maruti) Wagon R pengganti New Karimun Estilo?

Beberapa bulan ini beredar foto-foto dari city car Suzuki yang sedang dites. Kebetulan keduanya berasal dari negara “Sakrukh Khan” alias India dengan jenis Maruti Wagon R dan Maruti A-Star.

Kalau A-Star adalah new Alto dan berupa small hatchback sedang Wagon R sepintas mirip dengan Karimun lama. Kebetulan disini saya coba beri gambaran dari new Wagon R agar kita dapat mengetahui kira-kira seperti apa city car baru dari Suzuki dan apakah akan ada yang mau beli? Review diberikan oleh Team-bhp.com sebuah forum otomotif di India.

Suzuki Karimun merupakan awal dari pengenalan City Car oleh PT. Suzuki Indonesia Sales (d/h PT.Indomobil Suzuki Indonesia) dan mencapai kesuksesan yang cukup tinggi dengan Suzuki Karimun yang didasarkan dari Suzuki Wagon R dari Jepang. Seiring semakin mengetatnya aturan emisi di Indonesia maka pada tahun 2007 PT.SIS memutuskan memasukkan varian Suzuki Karimun Estilo yang diambil dari Maruti Zen VX-i. Keputusan mengambil kendaraan dari India sebatas karena lebih murah dan ada fokus dari Suzuki mengenai tempat produksi kendaraan. Suzuki Karimun Estilo mengalami facelift pada tahun 2010 dengan New Karimun Estilo dan kini berhembus kabar PT.SIS berencana mengembalikan bentuk Karimun seperti semula dengan mengambil type Wagon R dari Maruti.


WagonR  (versi Maruti) adalah tall boy yang orisinal, dan dipasarkan di India setelah Hyundai Santro (Atoz). Dan walau kesan mengotak masih tetap ada, model baru ini mencoba mengurangi kekotakannya dan berhasil walau hanya sedikit.

WagonR baru ini bukan sekedar facelift secara kosmetik namun menggunakan global platform yang baru. Kendaraan ini dibagi dalam tiga tipe yaitu LX, LX-i dan VX-i dan besar harapan kita tipe VX-i yang dipasarkan di Indonesia. Pada VX-i perlengkapan yang digunakan adalah in-dash CD player dengan 4 speakers, 4 power windows , tilt-adjustable steering, keyless entry dengan iCats engine immobiliser, central locking, rear wiper & defogger, electrically adjustable mirrors, 60:40 splitting rear seat, velg 14 inch serta opsi ABS + Airbags.

Tampilan kendaraan lebih besar dan bisa dikatakan kelihatan lebih baik dari versi lama. Lampu utama lebih besar dengan sedikit warna biru pada lampu parkir. Grill depan dengan setrip chrome seperti Estilo dan dipasangkan dengan bemper besar  dan intake lebar memberi penampilan mobil yang dewasa.

Pada sisi samping, roof rail (body-coloured pada versi top end ) dan atap yang sedikit menukik memberi profil yang lebih bagus dari Wagon lama. Spatbor kelihatan cukup halus namun velg dan bannya kecil sekali.  Jendela belakang juga besar! dan seperti lampu utama maka lampu belakang juga besar dan pindah ke atas.

Desain tall boy dengan pintu yang dapat terbuka lebar memberi kepastian keluar masuk kendaraan yang nyaman (bahkan untuk orang tua). Interior terasa lega dibanding pesaingnya. Pandangan kedepan selalu merupakan kekuatan dari WagonR dan versi baru ini semakin menguatkan hal tersebut. Pandangan ke belakang juga lebih luas karena kaca belakang yang besar. Serta pengaturan jok dan setir membuat saya mendapatkan posisi duduk yang enak.

Maruti telah menambah panjang kendaraan dengan 75 mm (menjadi 3,595 mm) dan jarak sumbu roda yang ditambah sebanyak 40mm (sampai 2,400 mm). New WagonR juga lebih tinggi dan lebar pada  1700mm & 1495 mm.  Ini menghasilkan ruang kaki yang lebih baik terutama pada bagian belakang. Sekarang mobil ini dapat dengan mudah mengakomodir 4 orang dewasa dan ruang kaki ada diatas rata-rata segmen ini. Ruang kepala – suatu kekuatan dari tall boys- tetap royal. Namun sebaliknya dia semakin kurus sehingga ruang bahu dibawah rata-rata (3 orang pada kursi belakang akan kesempitan).

Lantai belakang hampir rata sehingga membuat lebih nyaman kepada penumpang. Silahkan lihat gambar dibawah untuk mendapatkan gambaran mengenai ruang kaki. Tinggi disini adalah 1.75 m dengan posisi duduk normal

Tanpa pengecualian maka penambahan ukuran bangku belakang mengurangi ruang bagasi.

Dashboard walau dengan warna abu-abu yang membosankan masih lebih baik daripada dashboard Maruti lainnya.  Bahkan ada penunjuk bahan bakar digital dan dua trip meter.  In Dash stereo terintergrasi dengan baik dan akan disenangi oleh sebagian besar pembeli.  Head unit dapat mensupport Aux / CD / FM, namun anda harus menambah adaptor kalau mau pakai USB.

Kualitas suara adalah rata-rata dan mengganti HU mungkin akan sedikit menyulitkan sehingga lebih baik upgrade keempat speakernya. Yang sedikit harus diperhatikan adalah bahwa konsol tengah tidak berada tepat ditengah namun sedikit ke kiri (lihat gambar).

Kursi kelihatan baik dengan kombinasi warna biru dan hitam. Busanya sedikit keras namun masih nyaman.  Semua pintu dilengkapi dengan kantong peta. Ada dua push-type soda can holders di dashboard. Kualitas dari holders ini dibawah rata-rata sehingga ada kemungkinan patah / bergetar atay jatuh lebih mudah terutama bila sering digunakan.  Kualitas parts belum setingkat Hyundai i10 dan Chevrolet Beat.

Kompartemen dasbor lebih dalam dari biasa dan dapat dengan mudah memasukkan service booklet, beberapa buku dan buku kecil / CD. Ember dibawah jok (jok penumpang depan) merupakan hal yang inovatif.  Ruang yang cukup untuk notebook atau dia dapat dilepas dan digunakan untuk belanja.

Mesin seri K yang terpasang pada New Karimun Estilo juga terpasang pada new WagonR. Mesin  998cc 3-silinder ini mengeluarkan tenaga @ 67 BHP (6,200 rpm) dan torsi 90 NM  (3,500 rpm). Wagon R baru ini lebih berat 35 kg dari Wagon R lama dan mempunyai tenaga kuda yang sedikit lebih banyak dan torsi lebih besar dengan satu silinder yang lebih sedikit.

Nyalakan kendaraan dan akan sangat terasa ada mesin 3 silinder dibawah kap mesin.  Tingkat NVH (Noise, Vibration dan Harshness) setingkat diatas pesaing dia. Respon gas tidak spontan pada rpm rendah sehingga mempengaruhi berkendara di dalam kota. Rasio gigi 1 dan 2 sedikit pendek sehingga akan melakukan penggantian gigi lebih sering pada kemacetan. Anda perlu sedikit rajin menekan pedal gas dan setelah jarum tachometer naik maka mesin akan revving secara happy :).  Mesin ini senang revving dan sebenarnya seru untuk dibejek terutama di jalan besar pada gigi 3 dan 4.  Mid-range sangat kuat dan akselerasi pada gigi 5 ke 100 km/h masih halus dimana setelah itu dia akan naik pelan.  Mesin akan menjadi ribut pada rpm tinggi (diatas 4,500 rpm), dan getaran akan masuk ke dalam kabin. Konsumsi bensin adalah 18.9 km/l

Kualitas pengendaraan juga telah disempurnakan pada New Wagon R, dimana bantingan suspensi adalah cukup untuk dalam kota. Setir sendiri juga sangat ringan namun pada kecepatan tinggi seperti tidak ada kehidupan didalam setir.  Ada bodyroll yang sangat besar bila dimanuver kedalam tikungan sehingga ada terasa kelimbungan yang tinggi.

About these ads

3 thoughts on “Suzuki (Maruti) Wagon R pengganti New Karimun Estilo?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s